Posted by: beraona | February 29, 2012

Selamat Pagi Flobamora

SEBUAH harian pagi terbit pagi ini di Kupang, ibukota Nusa Tenggara Timur. Mengawali kelahirannya, Victory News, nama harian tersebut, ingin menyapa masyarakat NTT: Selamat Pagi Flobamora!!!

Victory News hadir untuk memperkaya pilihan pembaca NTT terhadap informasi dan berita. Koran ini datang untuk meramaikan alternatif di antara media sejenis yang telah lebih dulu hadir di Bumi Flobamora.

Kami, para awak koran ini, berkeyakinan, salah satu energi bagi kemajuan  masyarakat NTT adalah suguhan berita-berita bermutu. Dan, keyakinan kami pula, berita bermutu hanya bisa lahir dari kompetisi. Karena itu kompetisi tidak hanya menyehatkan, tetapi menghidupkan.

Telah lama NTT tersandera oleh stigma serba negatif. NTT identik dengan keterbelakangan, ketertinggalan, dan marjinalisasi.

Koran ini menyebut diri dengan Victory News. Nama ini menyimpan nafas perlawanan terhadap stigma serba kelam nyaris permanen yang melekat terhadap provinsi ini.

Kami hadir menawarkan semangat optimisme. Cerita duka dan sukses harus mendapat tempat proporsional dalam suguhan informasi kepada publik. Rakyat NTT harus tahu ada sisi terang yang siap bersinar dari bumi Flobamora. Dari NTT, suatu saat akan hadir kisah-kisah sukses dan kebesaran. Kenapa tidak?

Nusa Tenggara Timur dikaruniai alam yang keras. Banyak yang menganggap kemiskinan dan ketertinggalan adalah hukuman alam. Sesungguhnya tidak ada dosa apapun ketika manusia NTT lahir dan dibesarkan di kawasan ini.

Kami berkeyakinan kemiskinan yang menjerat dalam banyak hal disebabkan NTT dikelola melawan kodrat. Kodrat sabana, kodrat bahari, dan kodrat kepulauan. Victory News menggugah koreksi itu.

Kami sadar koran partisan pasti pendek usia. Interest kami adalah pada kebenaran dan keadilan bagi orang banyak. Uang penting, tapi bukan segalanya. Apalagi kalau uang harus ditukar dengan harga diri dan martabat profesi.

Kami berupaya sekuat tenaga menjaga tatakrama dan etika profesi. Dalam semangat inilah Victory News ingin menumbuhkan semangat kemenangan dalam sanubari seluruh manusia Flobamora.

Ambisi kemenangan yang ingin dikobarkan adalah kemenangan yang beretika dan membanggakan. Bila tidak, lebih baik menjadi good loser daripada bad winner. Permisi! (*)

Editorial Victory News Edisi Perdana 02 Feb 2012


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: